5 Cara Mempercepat Loading Website WordPress Kamu

5 Cara Mempercepat Loading Website WordPress Kamu

Diposting pada

5 Cara Mempercepat Loading Website WordPress. Semakin cepat loading/penaygan website , makin lama juga pengunjung akan tetap berada di laman . Dan makin lama, pengunjung laman ada mengakses website, makin banyak juga klik dan laman yg dibuka.

Setidaknya itu dugaan saya terkait efek dari cepatnya loading/penaygan sebuah laman website. Nah, bisajadi sebagian besar pengunjung artikel ini juga mempunyai laman website atau minimal blog. Dan kebisajadian besar juga blog dibangun dengan CMS WordPress.

Makin seringkali lama, makin besar pula size file laman website yg berada di server. Apalagi bila kita seringkali melakukan update tampilan, gonta-ganti tema desain. Namun, kembali ke dugaan saya di atas. Makin seringkali kita gonta-ganti tema, menambahkan asesoris ini-itu di laman. Maka, dapat berakibat laman jadi berat atau loading jadi lama. Sehingga bisa membuat pengunjung meninggalkan halaman kita tersebut.

Untuk kali ini, kita akan membahas tentang tips bagaimana Cara Mempercepat Loading Website WordPress. Dan tips ini berdasarkan pengalaman dalam mengelola website ini. Mungkin hasilnya bisa berbeda dengan apa yang teman-teman lakukan.

Berikut Cara Mempercepat Loading Website WordPress.

1. Kurangi waktu respon server awal

Hal pertama terkait Mempercepat Website WordPress yaitu pastikan Tema, plugin, dan spesifikasi server semuanya berkontribusi pada waktu respons server. Pertimbangkan bagi menemukan tema yg lebih dioptimalkan, dengan hati-hati memilih plugin pengoptimalan, dan/atau mempercepat server Anda.

2. Cache Efisien Mempercepat Website WordPress

Cache browser dapat menunjang mengurangi beban server dengan mengurangi jumlah permintaan per halaman. Misalnya, dengan mengatur header file yg benar pada file yg tidak berubah (file statis seperti gambar, CSS, JavaScript dll) browser lalu akan menyimpan file-file ini di komputer pengguna.

Teknik ini mebisajadikan browser bagi memeriksa apakah file telah berubah, bukan hanya memintanya. Hasilnya yaitu server web Anda dapat menjawab lebih banyak 304 tanggapan, mengkonfirmasikan kalau file tidak berubah, bukan 200 tanggapan, yg memerlukan file bagi dikirim.

Lihat HTTP Cache-Control (khususnya max-age) serta header Kedaluwarsa, serta Tag Entitas untuk informasi lebih lanjut. W3 Total Cache mengintegrasikan dukungan cache browser dan ETag.

Rekomendasi Plug-in Optimasi Cache

  • Plugin Cache Total W3 (oleh Dougal Campbell)
  • Holy Shmoly!: WP Super Cache
  • Praktik Terbaik bagi Mempercepat Situs Web Anda – Kedaluwarsa / Header Kontrol Cache dan ETag (oleh Yahoo! Developer Network)
  • WebSiteOptimization.com: Coba Gunakan Kontrol Cache Server untuk Meningkatkan Kinerja

Hati-hati dalam memilih plug-in, cari rujukan dan rekomendasi yg cocok bagi anatomi website wordpress sehingga dapat sejalan dengan Mempercepat Website WordPress.

3. Optimasi Gambar

Unggah gambar secara langsung melalui pustaka media bagi memastikan kalau ukuran gambar yg dimustikan tersedia, lalu sisipkan dari pustaka media atau gunakan widget gambar bagi memastikan ukuran gambar yg optimal digunakan (termasuk bagi titik henti sementara responsif).

Hindari memanfaatkan gambar Ukuran Penuh kecuali dimensinya memadai bagi penggunaannya.

Tayangkan gambar dalam format generasi berikutnya!

Pertimbangkan bagi memanfaatkan plugin atau layanan yg secara otomatis mengonversi gambar yg Anda unggah ke format yg optimal. Anda dapat memanfaatkan plugins bagi optimasi gambar di website wordpress .

  • Imagify: Optimize your Images & Convert WebP
  • Smush: Lazy Load Images, Optimize & Compress Images
  • WebP Converter for Media: Convert WebP & Optimize Images

4. Kurangi JavaScript yg tidak musti

Pertimbangkan bagi mengurangi, atau mengganti, jumlah plugin WordPress yg memuat JavaScript yg tidak digunakan di halaman Anda. Untuk mengidentifikasi plugin yg menambahkan JS asing, coba jalankan cakupan kode di Chrome DevTools. Anda dapat mengidentifikasi tema/plugin yg bertanggung jawab dari URL skrip.

Carilah plugin yg mempunyai banyak skrip dalam daftar yg mempunyai banyak cakupan kode merah. Sebuah plugin hanya boleh mengantrekan skrip kalau itu benar-benar digunakan pada halaman.

Ada sejumlah plugin WordPress yg dapat menunjang Anda memasukkan aset penting atau menunda sumber daya yg kurang penting. Berhati-hatilah kalau pengoptimalan yg disediakan oleh plugin ini dapat merusak fitur tema atau plugin Anda, jadi Anda bisajadi musti membangun perubahan kode.

5. Gunakan Hosting Terbaik

Tak kalah penting terkait Mempercepat Website WordPress yaitu faktor eksternal. Dari sisi server juga berpengaruh terkait hal kecepatan loading/penaygan website . Hosting yg cepat akan juga mendongkrak kinerja website wordpres . Pilihlah web hosting menonjol dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.