Inilah Pajak Top Up di Free Fire yang Harus Dibayarkan Saat Top Up

Inilah Pajak Top Up di Free Fire yang Harus Dibayarkan Saat Top Up

Sudah cukup lumayan lama pastinya perdagangan game dan perpajakan pada layanan online di Indonesia tidak membuat para gamers senang. Tidak hanya kebutuhan untuk melakukan top up Free Fire yang dikenakan pajak cukup standar.

Tentu pajak ini ikut mengubah harga diamond yang dibeli. Akan tetapi, berapa pajak tambahan yang akan dikenakan kalau pemain Free Fire melakukan top up mekeuntungankan pulsa? Apakah pajak ini mempengaruhi saat para pemain Free Fire melakukan pembayaran? Simak keterangannya berikut ini.

Pajak Top Up di Free Fire

Ada banyak cara untuk membeli diamond untuk game online. Free Fire memiliki berbagai opsi umum, antara lain:

  1. Membeli langsung dari Free Fire
  2. Google Play
  3. Atau layanan top-up populer lainnya.

Karena tidak semua orang memiliki rekening bank atau kartu kredit, pembelian diamond di Free Fire sebagian besar dilakukan dengan pulsa.

Pulsa juga dapat digunakan di berbagai tempat seperti layanan seperti Google Play dan Coda. Ini salah satu cara termudah karena tidak memerlukan rekening bank atau kartu kredit. Bahkan kalau Anda membayar dengan kredit, Anda tetap musti membayar pajak.

Besarnya pajak tambahan yang musti Anda bayarkan tergantung dari jumlah diamond yang musti Anda beli dan jumlah transaksi yang musti Anda bayarkan. Ada berbagai hal yang musti Anda perhatikan ketika mencari tahu pajak top up Free Fire diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk melihat pajak pengisian ulang diamond Free Fire, Anda musti mengetahui terlebih dahulu harga yang musti dibeli.
  • Harga dasar ini ditetapkan oleh Garena serta penyedia layanan. Anda nanti bisa menghitung ulang dari harga dasar.
  • Pajak yang musti Anda bayar untuk game dan layanan virtual lainnya adalah 10persen.
  • Nominal 10persen ini tergantung pada harga dasar yang musti Anda bayar. Ini biasa terjadi, jadi berapa pun biayanya, Anda hanya musti menambahkan 10persen.

Contohnya ketika Anda melakukan top up membership mingguan FF seharga Rp33 ribu. Anda tidak bisa membayar dengan nominal segitu saja karena musti ditambahkan dengan pajak 10persen.

Maka dari itu, total harga yang musti Anda bayar adalah Rp33 ribu ditambah Rp3300 yang berarti Anda musti membayar Rp36.300. Nominal Rp3.300 adalah 10persen dari harga Rp33 ribu.

Padahal, pembayaran dan pajak atas transaksi virtual telah cukup lama dilakukan di berbagai negara lain. Negara-negara yang mekeuntungankan pajak ini terutama di Eropa nominalnya hingga 30persen. Di Indonesia, ini baru terjadi pada Juli 2020.

Selain Pajak Top Up di Free Fire

Ada bayak sekali orang dikenai pajak, bukan hanya transaksi di game online. Transaksi dalam layanan virtual apapun musti dikenakan pajak sebesar 10persen pada pengguna.

Itulah pembahasan soal tambahan nominal pajak Free Fire yang musti Anda bayarkan. Tentu saja, tidak terlalu tidak mudah untuk menghitungnya. Selalu siapkan lebih banyak uang saat Anda ingin bertransaksi agar tidak kebingungan kalau musti membayar pajak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.