Cara Setting SMTP Email dengan Gmail di WordPress

Cara Setting SMTP Email dengan Gmail di WordPress

Bagaimana Cara Setting SMTP Email Gmail di WordPress? Tentu ada masanya sebuah bisnis membutuhkan feature pengiriman email melalui website atau aplikasi yang dimiliki. Nah, bagi perusahaan atau pebisnis yang masih dalam skala kecil dan mempunyai volume email yang rendah, kamu bisa memakai server SMTP Gmail yang juga disediakan secara gratis oleh Google.

Tidak banyak yang mengetahu jika server SMTP Google bisa digunakan secara gratis untuk mengirimkan email. Email Server ini bisa jadi solusi terbaik untuk kamu yang tidak bisa menggunakan server SMTP yang disediakan oleh ISP atau hosting, atau juga bagi yang sering mengalami masalah terkait dengan pengiriman email.

Google mempunyai infrastruktur yang besar dan kamu tidak perlu ragu karena server mereka akan selalu online. Namun karena sifatnya yang gratis, tentu akan ada batasannya. Misalnya batasan jumlah email yang dapat dikirim hingga 100 email setiap 24 jam, atau 3000 email sebulan melewati server SMTP mereka. Jika sudah sampai batas atau limit, kamu tidak bisa mengirimkan email dalam 24 jam kedepan hingga direset otomatis.

Akan tetapi jika kamu memang perlu mengirimkan email dalam jumlah besar, kamu musti memerlukan email server sendiri. Namun untuk startup dan developer yang memerlukan layanan gratis dan bisa diandalakan, SMTP Google bisa jadi alternatif yang tepat.

Bagi kamu pengguna wordpress, kamu akan dimudahkan dengan  berbagai plugin. Salah satu plugin yang cukup populer yaitu plugin bernama WP Mail SMTP . Untuk penggunaan SMTP Email Gmail di wordpress tergolong mudah dilakukan.

Berikut Cara Setting SMTP Email dengan Gmail di WordPress

Yuk sekarang kita simak tutorial bagaimana cara setting SMTP Email dengan Gmail di WordPress kamu!

1. Install Plugin WP Mail SMTP

  1. Masuk ke dashboard wordpressu, lalu klik menu Plugins » Add New.
  2. Kemudian di kolom Keyword, ketik “wp mail smtp” dan tekan enter. Pilih Plugin WP Mail SMTP by WPForms kemudian klik Install Now.
  1. Tunggu sampai proses instalasi selesai dan plugin terinstall di wordpressmu. Jika instalasi sudah selesai, silakan klik Activate.
  2. Jika sudah terinstall, akan muncul menu baru yaitu WP Mail SMTP.
  3. Lalu klik WP Mail SMTP » Settings.
  4. Disini kamu perlu melakukan pengaturan awal. Dilangkah pertama ini, lakukan pengaturan seperti ini:
  • From Email: Isi dengan alamat email kamu.
  • From Name: Isi dengan nama website atau bisnismu.
  • Return Path: Centang pada bagian ini.
  • Mailer: klik pada bagian Gmail.
  1. Lalu scroll ke bawah dan temukan pada bagian bernama “Authorized redirect URl”. Salin alamat di dalam kolom tersebut, karena kita membutuhkannya sekita setting gmail.

2. Setting Gmail

  1. Ketika menggunakan WP Mail SMTP, kamu perlu Client Secret dan Client ID yang bisa didapatkan dengan setting disisi gmail.
  2. Klik link berikut ini: https://console.developers.google.com/flows/enableapi?apiid=gmail&pli=1 .
  3. Setelah klik link diatas, kamu akan diarahkan ke form registrasi bernama “Register your application for Gmail API in Google API Console”. Lalu, isilah form tersebut seperti contoh dibawah ini lalu klik Agree and Continue.
  1. Kemudian klik Go to credentials.
  1. Lalu akan muncul beberapa pertanyaan muncul. Pada pertanyaan ini bisa diisikan seperti gambar berikut, lalu klik What credentials do I need?
  1. Kemudian akan muncul pop up, klik Set Up Consent Screen Option. Kamu akan otomatis diarahkan ke tab baru. Pastikan bahwa Tab Awal / sebelumnya tidak tertutup, sebab nanti ada beberapa setting yang musti dilakukan dari tab tersebut.
  1. Setelah diarahkan ke halaman Oauth consent screen, yang perlu perlu kamu perhatikan yaitu apabila email gmail yang digunakan bukan email layanan google suite, maka akan muncul notif seperti ini, silakan pilih opsi External. Bila menggunakan layanan google suite bisa memilih Internal.
  1. Lalu akan muncul setting Oauth consent screen. Silahkan setting seperti gambar dibawah ini.
  1. Kemudian klik Save. Dan abaikan halaman ini.

3. Buat Kredensial

  1. Kembali ke tab awal tadi, yakni tab Add credential to your project. Pada tab ini silahkan isi,
  • Name: Isi dengan nama website kamu atau bebas.
  • Authorized JavaScript origins: Isi dengan URL website yang kamu daftarkan dengan aturan tanpa tanda “/” di akhir URL.
  • Authorized redirect URIs: Isilah dengan paste atau menempel alamat url yang sudah kamu salin/copy dari halaman WP Mail SMTP sebelumnya.
  1. Setelah selesai, kamu dapat klik tombol refresh. Jika berhasil, maka tombol refresh akan berubah jadi tombol berwarna biru dengan tulisan Create OAuth client ID.
  2. Lalu akan muncul halaman seperti ini, kamu klik I’ll do this later.
  1. Pada halaman selanjutnya, kamu akan melihat tampilan seperti berikut ini, klik pada icon pensil.
  1. Lalu kamu akan memperoleh client ID dan client secret. Silakan dicopykan Client ID dan client secret ke kolom yang tersedia di plugins WP Mail SMTP, kemudian klik save.
  1. Setelah di klik save, lalu akan otomatis muncul tombol Allow plugin to send emails using your Google account pada Authorization. Silakan dapat diklik
  1. Setelah kamu klik, maka Google akan mengarahkan ke akun Google kamu guna meminta izin akses, Silahkan klik Allow

4. Tes Email

  1. Silahkan klik tab Email Test
  2. Di bagian Send to, silahkan masukkan email yang ingin kamu pakai untuk dikirimkan test email
  3. Lanjut klik Send Email
  4. Silahkan cek apakah email sudah dapat diterima atau belum. Jika sudah, berarti wp mail smtp kamu berhasil dan siap untuk digunakan

Nah, itulah panduan / tutorial tentang Cara Setting SMTP Email dengan Gmail di WordPress. Semoga berhasil!